Cara Menggunakan Trim dan Weld pada Corel Draw

Cara menggunakan Trim dan Weld pada Corel Draw

trim dan weld tergolong sebuah fitur yang sangat sering juga dipergunakan pada corel draw ketika membuat sebuah desain, bagaimana tidak trim dan weld sangat powerful dan bermanfaat untuk meng cut dan menggabung objek.

Trim adalah sebuah fitur yang ada di dalam corel draw dimana dengan menggunakan trim ini maka anda bisa memotong sebuah objek dengan menggunakan objek lainnya. artinya objek tersebut akan dipotong berdasarkan letak dan posisi dari objek lainnya, jadi untuk menggunakan trim ini dibutuhkan minimal 2 buah objek.

Weld merupakan sebuah fitur yang ada di dalam corel draw dimana dengan menggunakan weld ini anda bisa menggabungkan 2 atau lebih objek menjadi 1 kesatuan, jadi objek tersebut menggabung (bukan group) secara keseluruhan. jadi dimana kedua objek itu bertemu maka akan menjadi satu objek yang utuh.

oke langsung ke contoh trim.

Pertama buatlkah dua buah rectangle, dan dekatkan keduanya pada posisi tertentu. setelah itu klik objek yang akan dijadikan pemotong.
kemudian sambil menekan SHIFT tekan pula objek yang akan dipotong.

maka nanti pada bagian atas akan ada pilihan, pilihlah Trim (lihat gambar)

penggunaan trim pada corel draw
Penggunaan trim pada corel draw

dan berikut adalah hasil trimnya :

hasil dari trim pada corel draw
hasil dari trim pada corel draw

hasil dari trim ini maka membuat objek terpotong berdasarkan pertemuan keduanya


Contoh Penggunaan Weld

Pertama buatlah dua atau lebih objek rectangle atau lainnya, kemudian buatlah pertemuan diantara objek - objek tersebut.

kemudian klik salah satu objek, kemudian sambil menekan SHIft  kliklah objek-objek yang akan digabungkan, nanti pada bagian atas akan terdapat bebrbagai pilihan -- Pilihlah Weld

Contoh penggunaan weld pada corel draw

dan berikut adalah hasil dari Weld antara kedua objek tersebut :

hasil dari Penggunaan Weld pada corel draw
hasil dari Penggunaan Weld pada corel draw

hasil penggunaan weld akan menghasilkan sebuah objek gabungan antara keduanya sehingga akan membentuk sebuah objek yang utuh

Share:

0 komentar